Watercolor Workshop di Localab Kemang

Sebenarnya tawaran ini berasal dr seorang teman yang gemar membuat workshop2  lucu di Jakarta, awalnya sempat maju mundur juga karena saya belum pernah mengajar, wah deg2an juga, tapi akhirnya hayuklah, kapan lagi bisa sharing ilmu ke teman2, dari situ bahkan saya bisa ikut belajar, membuka2 buku teori  lama yg kadang bacanya suka males, kebanyakan cuman dilihat gambar2nya, daan ternyataaa… memang harus baca! Jadi ngak boleh males baca buku referensi ya, jgn cuman dibeli trus digeletakin aja di rak buku.

image2-2
contoh gambar dan teori warna

Singkat cerita pada gelaran workshop mini di Localab ini, ada 5 orang pesertanya, 2 anak smp dan sma, dan 3 penggemar cat air, ada yg kawan karib saya, ada yang baru bertemu padahal sudah lama temenan di FB dan satu teman baru dong hihihi!

image4
sungguh berantakan meja kami 😀

Jadilah hari itu dibuka dengan mewarnai sketch yang sudah dibawa masing2 peserta dari rumah, tujuannya mau melihat sampai mana skill yang masing2 sudah kuasai, apa yang bisa diperkuat dan dipelajari. Setelah itu lanjut ke teknik basic cat air, untuk mengingatkan kembali, bagaimana membasahi media , berapa banyak air, jenis kuas dan media.

Biasanya saya menggunakan kertas cat air khusus, untuk yang 200gsm adalah Canson- watercolor paper, bagi pemula bisa menggunakan yang ini, dan untuk yang tebalnya 300 gsm ada Montval. Dua-duanya cold press jadi semi tekstur, saya sendiri suka sekali memakai Montval karena ketebalannya pas dan teksturnya juga menyenangkan. Bahan2 ini bisa didapatkan di web Artemedia di www.medialukis.co, lumayan lengkap disini jd ngak repot kan 🙂

image1-1

Setelah itu kami belajar menggunakan kuas dengan membentuk outline dari yg tipiiis sampai yg tebal, dari 1 warna ke 2 warna. Susah susah gampang ternyata ya, setelah itu mulai ke pengisian bidang. Disini yang penting adalah konsistensi gerak dan jumlah air pada kuas, semuanya harus pas, dan ngerasain pas nggaknya itu kadang tergantung pada gaya kita juga lho.

Berikut hasil karya dari teman2, membuat terong dan tomat lalu pengaplikasian teknik yg sudah diajarkan diatas.

Lalu sketch awal yg tadisudah diwarnai, diulang lagi, dan nanti akan kelihatan setelah dan sebelum belajar, bedanya penggunaan media yang dianjurkan, dan hasilnya. Dan ternyataaa  waktunya kuraang, kami banyak ngobrol kiri kanan, dan satu pesan abadi: latihan, latihan, latihan.. :D. Oh ya masing2 peserta juga mendapat Artist Watercolor Pan Set dari Artemedia doong. Terimakasih buat yang sudah ikutan ya, jangan bosan mencoba, sampai jumpa di kesempatan lain yaa!

Poem Illustration

Never done this before, when ibu Nana from Lembaga Seni & Sastra Reboeng contact me to do some illustration for her book, a compilation book of children poems. At first I’m smiling at how this children described their feeling in poem, some poem are very children-angle-described, but surprisingly there are 1 or 2 poem that are quite deep. Interesting.

These are 2 poem taken from compilation, the first one is about the flight accidident Air Asia QZ 8501, and the second one is about disappointment &  complaints. Part of it is below.

pesawat-b

I meet the Lord

The Lord says: “I’m going to rent a taxi for you to return to earth!”

I answer nothing

And the Lord immediately kicks me to earth

I fall into the sea

Still lucky I am not dead

And the rescue team finds me

 

 

keluhan

 

Our voices and
Our complaints

Are like rubbish                      
Oh, cry me a river
Looking at the misery

Elsama

Wuuss… Angin Membawa Telur Terbang menang di Samsung SKTAA 2016

Awalnya ngak nyangka juga pas dapet email dari panitia, disuruh merahasiakan, jangn bilang bilang sampai pas eventnya, bolak balik  buka email serasa tidak percaya.
Bukan kenapa-napa, seumur hidup saya jarang banget menang yg namanya award2 an ini, paling mentok itu menang hadiah nonton konser konser lewat radio karena kecepatan tangan mencet tuts telepon. Setelah itu yang namanya seperti kejatuhan langit ala Abraracourix itu ya waktu menang lotere masuk perguruan tinggi negri setelah 2 kali mencoba. Jadi..? Ya seneng banget gitu deh 😀

sktaa
bareng Ibu Angi- Penulisnya

Jadi, singkat cerita saya mendengar tentang event ini karena mengikuti FB dan newsletter AFCC,  Asian Festival of Children Content , yang setiap tahunnya rajin menyelenggarakan workshop tentang proses kreasi buku anak, lokasi mereka di Singapura, sebenarnya target awal pada saat pembuatan buku ini memang karena saya ingin berkreasi kembali ke manual, kembali ke cat air, kembali ke pekerjaan tangan yang didalam prosesnya saya bisa seperti berkontemplasi.

Kontemplasi? Iya, dalam membuat detil2 pritil2 *sembari micing2 mata karena sudah mulai plus- itu asik sekali, mematut2 warna, menggores2 pensil, diliat dari atas bawah kiri kanan, sambil nyeruput kopi dan kadang ‘nyemil’, wah nikmatlah pokoknya.

sktaa2
salah satu halaman- di pasar

Konsep cerita si buku ini sendiri sudah pernah saya post di blog, silakan baca disini ya

Maka, berkat rahmat Tuhan, maka jadilah saya ke acara AFCC ini, ketemu dengan teman-teman dari berbagai penerbit Indonesia di boothnya masing2, ngobrol ngalor ngidul, ada yang dari penerbit Kanisius, Gramedia, forum KPBA, Ikapi dan ketemu dengan teman2 dari negara lain juga.

 

Nah, tahun depan, Indonesia nih, akan menjadi country of focus di AFCC, semogaaaa akan tambah banyak anak anak Indonesia yang berkontribusi dalam dunia perbukuan anak, dan dunia2 kreatif lainnya, kita bisa lho, serius deh, kuncinya ya cuman satu- ‘niat’ :). Buatlah Indonesia terdengar, bukan cuman terdengar yang jelek2nya doang lah ya, tapi yang bagus2nya juga ya!

Salam kreatif

13256296_10153640667361699_5073525709371911735_n
capek juga- setelah motret2in karya anak-anak Indonesia yg masuk BIG – AFCC *foto oleh Evelyn Ghozalli

 

 

 

 

 

 

 

 

I’m not weird. I am limited edition

Got an influenza these days, a headache, and end up with doodling on the sketch book, you know the usual 100 grams paper, for sketch. But after several strokes I just wanted to try a little more strokes, and color it, first I use a carbon pencil but somewhat, I just hink that this sketch need more than just a pencil, si I decided to color it with my watercolor, a watercolor on a sketch paper, yap. A little wrinkles on the paper and this is the result.

I’m not weird. I am limited edition😀 Love this quotes!
It’s some kind of semihuman-cat mutan, that have a weird different shape of eyes, make it ackward but yet beautiful in its own way.
I think human also like that, we all have many differences that make people with certain kind of type, put a stamp on our head that called “weirdos”. And on this place called earth we could survived it and stand up high- we are limited edition. 🙂weird 2l
weird small

IF- Village

It’s a book about a boy who play with his paperboat, the author request is to make character of a boy with Philippines background, although Philippines it’s still in the Southeast Asia, I still have to search the local content of Philippines house and style, along with their traditional dress and style.

click the link to view the drawing process 🙂

Coba Lagi.. Coba lagi… (Book- The Boy Who Can Not Tie His Shoes)

Grraaah!  I like my new shoes but why it’s so hard to tie it!

It’s a book about process,
a determination and a story about
a young boy who have a new shoes but don’t have any idea how to tie one.

First time I read the script, it gives me a wide smile,

I can picture  every single expression this little dude will be; happy, determined, stress, tired, relieved.

And I do wish that everyone who read this to their young, will express it while they read it, every single expression, and watch how the listener will also change their own expression, that will be fun!

Make this book as a fun one, make them learn about patience, process, and result, at last :).

Don’t you agree?

Just contact the publisher to get the book : aksaberama@gmail.com