Tips on Making Children Picture Books -Part 2

Part 2

Okay, sekarang saya mau sharing tentang cerita Phillips,

Phillips Wreck ini bapaknya Clavis Publishing dari Belgia, dia punya konsep supaya masing2 anak meraih mimpinya lewat cerita2 di buku cerita anak, di awal sharing beliau banyak bercerita tentang konsep bagaimana kita harus punya ‘mimpi’ dan berusaha mewujudkannya.

9

Saya seperti disentil juga dengan sharing beliau, di booster dengan diingatkan untuk lebih keras berusaha untuk punya suatu standar kualitas dalam setiap gambar yg saya hasilkan, dari situ kata beliau, tidak mustahil ‘mimpi’ kita akan terwujud, dia bercerita dari mulai buka stand kecil dipameran buku, yang ngak pernah dilirik orang, beliau tetap konsisten berusaha, mem-branding diri sendiri, dan sekarang sudah punya banyak perwakilan dimana2, dan umurnya sudah 65 tahun dan oke banget, malu deh kita kalo suka menggerutu ini itu tanpa berusaha. Suer! 😀

8

Ada beberapa pelajaran yang beliau tekankan dari sisi pembuatan buku cerita anak. Kalau Pauline bercerita dari sisi penulisan dan karakter cerita, Phillips lebih banyak sharing dari sisi teknis sebagai publisher, dalam hal ini publisher Clavis ya, krn masing2 publisher memiliki poin poin yang berbeda.

  1. Alur karakter, karakter bergerak dari kiri ke kanan, karena arah mata cenderung bergerak dari kiri ke kanan
  2. Pastikan ukuran karaktermu, skalanya berimbang dr awal sampai akhir, jangan berubah2*kalau saya prosesnya bisa dimulai dari storyboard, jgn males bikin storyboard ya, it’s crucial !
  3. Kover, taruh karakter utama di kovermu, dgn mata memandang ke kamu, intinya ada interaksi antara karakter dan calon konsumen.
  4. Hati hati dengan lipatan tengah buku, jangan sampai objek utama terpotong ditengah, a big no no.
  5. Kalau mau menulis cerita,coba definisikan ‘akhir cerita’ dulu, kalau ‘akhir ceritanya’ sudah ketemu, awal dan tengahnya akan lebih mudah.
  6. Kadang ada cerita yang problemnya memang tidak terselesaikan, dan itu ngak papa, misalnya: seorang anak yang sakit, apakah dia bisa menolak jatuh sakit? Mungkin tidak, tapi kita bisa bercerita bahwa dengan sakit akan ada teman yang menjenguk, sakit akan sembuh, akan ada aktivitas seru dirumah waktu dia harus istirahat krn sakit. Problem sometimes can not be solved, but can be accepted.
  7. Keseimbangan antara teks dan gambar, tidak terlalu panjang dan harus seimbang dengan muatan gambar.

7

Lalu ada pertanyaan tentang memilih karakter, apakah harus binatang atau manusia? Ada poin yg bagus disini, untuk cerita dengan beban emosi yg berat, misalnya tentang kematian, bencana, dianjurkan untuk memilih subject non-manusia, karena akan sangat berat untuk anak meng-analogikan karakter utama itu dengan dirinya sendiri ‘bila’ subjek utamanya adalah manusia, terlalu menyedihkan, terlalu ‘sama’ dengan diri si ‘anak’ itu sendiri. Dengan cerita yg seperti ini maka pilihan karakter binatang atau karakter imajinatif lainnya bisa diambil.

Nah demikianlah!
Jangan lupa, seringlah ikut workshop, forum diskusi, supaya kita bisa banyak mendapat masukan, beda-beda metode dari berbagai narasumber, ambil dan bungkus sesuai karakter kita, dan kalian pasti bisa membuat karya yang hebat. Semangat ya ilustrator buku anak Indonesia!

Advertisements

Tentang membuat stand di bazaar :)

Inilah stand saya selama pasar seni, bareng2 temen2 karena kl sendirian waah harganya selangit, jadilah kita keroyok beramai2.

Dan ternyata pertama kali ikutan bazaar punya nilai plusnya sendiri, belum lagi tentang hecticnya nurunin barang karena lokasi sudah harus disucihamakan dari mobil mulai jam 6 pagi, lantai stand yang ternyata tidak rata dan sangat ‘tidak sedap dipandang’ kalo tanpa alas, problem tanpa listrik yang bikin mendekor sehari sebelumnya jadi berantakan- thanks God buat seorang teman yang rela menyalakan lampu mobilnya biar kita bisa ngedekor!

Dan untungnya semua berjalan asik! asik banget ketemu sama teman2 alumni, ketemu teman di Bandung, waah ajang lepas kangen dan ketawa2 yang sudah lama diidam2kan!

Tips dan trik buat lain kali kl bikin bazaar:
1. Kalo bisa sudah tau lokasi seperti apa, jadi kita sudah punya bayangan ttg bagian mana yg harus ditambal sulam, terutama kl barang2 yg kita display memiliki konsep tertentu
2. Jangan lupa bawa emergency lamp, kalo jadwal mendekor sehari sebelumnya dan diatas jam 6!
3. Pas hari H, jangan lupa bekal air minum banyak2, air putih kalau bisa, karena leher pasti kering melayani konsumen dan haha hihi 🙂
4. Santai sedikit, jangan tense, enjoy aja!

Ketagihan ikut bazaar? Iyah! Jadi kalo ada yg punya info ttg bazaar, boleh la kabar2i saya 😀

:: Jualan frame yang idenya supaya orang bisa melukisi framenya sendiri,  dan ternyata kebanyakan pada nanyain apakah ada stok frame yang sudah dilukisi *tepok jidat, aah lain kali saya lukisi dulu deh… 🙂


:: Rush hour 🙂
sebelum pasar seni dimulai sudah sibuk, nge’tek-in barang teman2 yang ada, girls girls girls.., this is what I like about making a group stand for bazaar !

:: Children Wall art ini sudah sampai ketangan orang2 yang tepat,  gonna miss you guys!

I’m going to Pasar Seni ITB

Horeee. Saya ngisi stand di pasar Seni ITB Bandung, tanggal 10-10-2010, tanggal cantiklaa, diajakin temen2 seangkatan, bakalan asik deh.., agak2 bingung juga mau jualan apaan.
Stand A49 & A50

Akhirnya memutuskan untuk jualan lukisan untuk interior kamar anak, ini yang lagi dibikin, masih ada peer 10 lagi hohohoho!!
Konsepnya ttg imajinasi, segala sesuatu yang diputar balik didunia fantasi anak2.. 🙂

ukuran 15×15 cm
Original painting dengan cat air dan pensil warna
dengan frame*masih nunggu kelar order framenya hehe!

I’m going to sell my art at pasar seni ITB, an interior wall hanging art for children room . The concept it’s about children imagination and up side down story. I’m really excited about this!

Undangan Komunitas Pengisi Acara KELIR 2010

Teman2, ada undangan untuk mengisi event di Kelir Fest bareng sama Goelali Children Film Festival nih, yang berminat silakan yaa 🙂

Mengenai KELIR
KELIR adalah kelompok ilustrator buku anak yang didirikan tahun 2009 dengan tujuan untuk membuka wadah dimana para ilustrator buku anak dapat bergabung, berbagi informasi dan menentukan suatu bentuk standarisasi kerja bagi para anggotanya.
Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk membawa profesi ilustrator buku anak menjadi lebih profesional dalam artian menjadikannya lebih sejajar posisinya dalam hubungan kerja antara elemen-elemen yang berkecimpung dalam industri perbukuan anak Indonesia.
KELIR mengundang dan memberikan kesempatan kepada komunitas-komunitas yang berhubungan dengan dunia anak dalam acara pameran akbar KELIR yang akan diadakan 12-17 Juni 2010 untuk mengenalkan diri kepada masyarakat luas melalui kegiatan yang berinteraksi dengan anak-anak.
Waktu yang diberikan sekitar 1-2 jam tergantung jadwal kosong yang ada.
Acara ini berlangsung seiring dengan Festival Film Anak Goelali 2010 yang bertempat di Plaza Indonesia Extension.
Keuntungan peserta
disediakan tempat untuk membuka booth stand dan kegiatan interaksi (tempat sudah ditentukan luasnya dari pihak KELIR)
Diperbolehkan menjual produk ataupun kit untuk workshop dalam area pameran KELIR
Persyaratan Peserta
Peserta merupakan komunitas yang berhubungan dengan anak. diutamakan yang bekecimpung dalam arts and craft/ketrampilan yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan anak-anak dan memberikan alternatif kegiatan yang bermanfaat.

Pendaftaran Peserta
untuk pendaftaran silahkan menghubungi :
Jakarta: Gina
eugeniagina@yahoo.com
ph. 70798466
Bandung: Ella Elviana
elelbaru@yahoo.com

081514359895